rangkaianhari

Wednesday, January 11, 2006

[Celoteh] Life is Beautiful


Selama ini, aku selalu berpendapat bahwa diri sendirilah yang menentukan jalan hidup masing-masing manusia. Tapi sekarang ini....apakah benar demikian? Waaah, mulai ragu juga niih!!!

Apakah tidak terbalik?
Bahwa sesungguhnya, kehidupanlah yang menentukan jalan hidup manusia.

Seorang bayi tidak pernah dapat menentukan di rahim mana ia diletakkan oleh Allah, dilahirkan oleh siapa, akan hidup dalam keluarga yang seperti apa, dan kehidupan apa yang akan dihadapi kelak.

Pernahkah kita sadari, kadang apa yang kita inginkan tak tercapai, sedangkan yang tidak diharapkan malah datang, dan akhirnya bergumul dengan kehidupan kita sehari-hari?

Seringkali aku rasakan hal seperti itu. Contoh kecilnya saja saat akan pergi ke suatu tempat. Dalam benakku telah terpatri niatan untuk naik bus kota. Selama menunggu bus, banyak taksi yang lalu-lalang di hadapanku, dan seakan menggodaku untuk menyetopnya. Setelah sekian lama menunggu, dan bus tak juga kunjung datang, akhirnya aku berubah pikiran, ingin naik taksi saja. Setelah itu, sekian banyak taksi yang lalu lalang itu pun seakan lenyap. Tak ada sebuah taksi pun yang lewat. Sehingga akhirnya dari kejauhan, bus yang kutunggu-tunggu tersebut muncul. Tanpa pikir panjang, ku-stop bus itu dan menaikinya. Hal seperti itu bukanlah sekali-dua kali aku alami. Sudah sangatlah sering.

Setelah kurenungkan, kondisi seperti itu, bukanlah hanya berlaku dalam hal menunggu bus. Masih banyak hal lain dalam kehidupan sehari-hari ini, yang memiliki cerita yang sama dengan menunggu bus. Apakah arti dari semua itu???

Mungkinkah kita, manusia, sengaja dilatih oleh Allah untuk bersabar? Dengan cara begitu, manusia digembleng untuk selalu kuat dalam menghadapi masalah, atau kejadian apapun karena kehidupanlah yang memilih manusia untuk menjalani hidupnya, bukan manusia yang menentukan jalan hidupnya masing-masing.

Mmmmm...life is beautiful. Namun diperlukan sudut pandang yang berbasiskan kelapangan hati, keikhlasan yang tulus, dan kejernihan hati dalam menjalani kehidupan. Sehingga keapikan hidup, atau keindahan hidup pun dapat muncul dalam tiap manusia, yang sedang menelusuri fragmen kehidupannya masing-masing!

1 comment(s):

manusia punya rencana, Tuhan punya kuasa :)

By Anonymous Anonymous, at 11:28 PM  

Post a comment

<< Home


We Joined Blogfam