rangkaianhari

Tuesday, October 25, 2005

[Celoteh] Monolog

Akhir-akhir ini gue selalu bertanya-tanya, bagaimana dunia ini berjalan? Siapakah yang mengatur bergulirnya hari demi hari yang kita jalani? Siapakah yang menentukan dengan apa kita mengisi waktu yang telah dan akan kita habiskan sepanjang hidup kita? Siapakah yang menentukan jalan hidup kita, apakah individu itu sendiri, ataukah Tuhan sebagai "dalang" dari semuanya, dimana manusia dan mahluk lain adalah bentuk dari "permainan" yang diciptakan-Nya?

Kalau yang menentukannya itu manusia, buat apa ada kegagalan, kesedihan, ataupun segala sesuatu hal yang membuat orang bersedih. Ketika orang bersedih, tentulah ia mempunyai alasan. Alasan itu merupakan hasil dari obsesi yang diciptakannya sendiri, dalam kerangka pemikiran manusialah sebagai penentu hidupnya sendiri. Di saat orang merasa gagal, otomatis orang itu tidak bisa dikatakan menentukan hidupnya sendiri karena dengan demikian gagal pula ia dalam menentukan jalan hidupnya.

Namun jika memang Tuhanlah, "pelaku" tunggal yang menentukan kehidupan dari tiap-tiap mahluk ciptaan-Nya, apapula maksudnya memberikan akal pikiran sebagai modal dasar, terutama manusia dalam menjalani kehidupannya, jika ternyata pada akhirnya, Dia pula yang membuat grand design dan mengetahui hasil akhir kehidupan seseorang, dari lahir sampai meninggal dunia. Point yang lebih penting lagi, apa sih sebenarnya yang dikehendaki-Nya? Untuk itulah gue kadang merasa diperlakukan sebagai objek dari-Nya!

Kalau begitu, apa arti eksistensi manusia di muka bumi ini??? Blank... gue belum ngerti, seperti halnya gue juga belum ngerti "gue" itu sendiri. Naif banget kali ye, kalau kita katakan bahwa kita tau siapa diri kita masing-masing!

Bingungkan, ya udah kalo loe bisa bingung saat ngebaca "lolongan" jiwa gue ini, berarti gue punya temen dong, yang nemenin gue untuk berbingung-bingung atas kebingungan kita masing-masing...hehehe.

0 comment(s):

Post a comment

<< Home


We Joined Blogfam